28 Oktober 2023

Festival Jantung Sehat dan Donasi Kolesterol untuk Jaga Kesehatan Jantung

By KALBE Nutritionals

Penyakit kardiovaskular masih menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia dan paling sering menyerang kelompok usia produktif. Apalagi penyakit jantung disebut sebagai silent killer karena hanya sedikit penderitanya yang menyadari bahwa mereka memiliki penyakit jantung. Dalam World Heart Report 2023 yang dikeluarkan oleh World Heart Federation menyebutkan bahwa dalam beberapa dekade, penyakit jantung dan pembuluh darah masih menjadi penyebab utama kematian di dunia. Bahkan pada 2021, sekitar 20,5 juta orang di dunia meninggal karena penyakit jantung. Adapun dari berbagai faktor yang ada, sekitar 3,8 juta kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Data dari Riset Dasar Kesehatan (Riskesdas), prevalensi penyakit jantung koroner di Indonesia sebesar 0,5 persen pada 2013 meningkat menjadi 1,5 persen pada tahun 2018. Angka prevalensi ini berpotensi meningkat terlebih pada awal 2023, Wakil Menteri Kesehatan Prof. Dante Saksono Harbuwono,Sp.PD-KEMD menyebut ada 14,4 persen penyebab kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Bahkan penyakit jantung menjadi penyakit yang terbanyak dibiayai BPJS Kesehatan hingga 8,6 triliun Rupiah selama 2021, dengan hampir 13 ribu kasus.

Oleh karena penyakit kardiovaskuler masih menjadi ancaman bagi kesehatan di Indonesia hingga saat ini dan disebabkan oleh perubahan gaya hidup tidak sehat di antaranya karena pola makan tidak seimbang, maka PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui salah satu produk unggulannya, Nutrive Benecol, pangan fungsional untuk membantu menurunkan kolesterol, bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia cabang DKI Jakarta mengadakan Festival Jantung Sehat dan juga donasi kolesterol. Kegiatan ini diadakan sebagai salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh serta membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

“Kami berharap setiap masyarakat Indonesia dapat terlibat aktif menjaga kesehatan khususnya menjaga kadar kolesterol dalam darah. Donasi kolesterol dari program pilot project kami yaitu 14 Days Challenge sudah berlangsung sejak Agustus hingga awal Oktober kemarin dan diikuti kurang lebih 500 peserta dari seluruh Indonesia, di mana setiap penurunan angka kolesterol total setelah mengonsumsi Nutrive Benecol disertai pola hidup sehat selama rutin 14 hari, akan dikonversikan senilai Rp 10.000 dan didonasikan melalui Yayasan Jantung Indonesia. Tentunya ini menjadi kontribusi positif dan langkah nyata kami terutama bertepatan juga dengan momentum 15 tahun Nutrive Benecol ada di Indonesia untuk membantu masyarakat Indonesia menjaga kesehatan jantungnya,” ujar Robertus Purba selaku Director of Adult and Specialized Nutrition KALBE Nutritionals.

Robertus juga mengajak masyarakat Indonesia menjaga kesehatan satu-satunya jantung kita dengan kampanye SATU yaitu Sadari kondisi tubuh dengan rutin cek kesehatan; Awasi berat badan dengan asupan gizi seimbang dan menjaga pola makan; Terapkan pola hidup sehat, istirahat cukup, kelola stress, hindari rokok dan alkohol, serta rutin berolahraga; dan Utamakan masa depan yang lebih baik mulai dari sekarang untuk diri sendiri, keluarga, dan sesama.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi DKI Jakarta, Ir. Rolet Sinaga M.M. mengatakan bahwa prevalensi penyakit jantung di DKI Jakarta masih termasuk tinggi bahkan selama 5 tahun terakhir angka prevalensinya sekitar 1,9 persen. “Masih banyak masyarakat yang belum sadar dengan kondisi kesehatan mereka masing-masing apalagi kalau sudah berkaitan dengan penyakit tidak menular seperti penyakit jantung. Jadi walaupun di usia yang masih sangat muda bisa meninggal karena penyakit jantung dan kasus ini cukup banyak terjadi di Indonesia, terutama di kota besar seperti DKI Jakarta ini. Gaya hidup termasuk pola makan tidak teratur dan tinggi lemak menjadi salah satu penyebab utama terjadinya penyakit jantung. Kemudian gaya hidup sedentari atau jarang bergerak juga menjadi salah satu kondisi yang berkontribusi pada peningkatan terjadinya penyakit jantung pada seseorang. Maka kami terus berperan aktif dan berupaya mengajak masyarakat untuk mengubah pola makan yang lebih sehat dengan menerapkan pola makan gizi seimbang, aktif bergerak, serta cek kesehatan secara teratur,” ungkapnya.

Rolet juga berharap kolaborasi dengan Nutrive Benecol menjadi momentum yang terus bisa dilakukan bersama-sama untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama di wilayah DKI Jakarta. “Kami tentunya menanggapi secara positif dengan diadakannya kegiatan donasi kolesterol serta Festival Jantung Sehat ini. Kami berharap kegiatan ini semakin rutin dilakukan dan menjadi pendorong bagi masyarakat bahwa lewat tindakan sederhana yaitu menjaga dan menurunkan kolesterol dapat menjadi sesuatu yang besar dalam menurunkan risiko penyakit jantung,” lanjut Rolet.

Kegiatan donasi kolesterol yang dilakukan oleh Nutrive Benecol juga mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Adapun rekor yang tercatat adalah “Pengurangan Akumulasi Satuan Kolesterol Pertama untuk Donasi (Selama 14 Hari)”.

Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Nutrive Benecol dan Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi DKI Jakarta ini. “Selain menjadi yang pertama dilakukan di Indonesia, kegiatan ini tentunya memiliki makna tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan. Kita sama-sama mengetahui penyakit jantung masih menjadi penyumbang nomor satu kematian di Indonesia dan setiap individu harus ekstra berhati-hati jika sudah mengalami gejala-gejalanya. Oleh karena itu, pemberian rekor dari MURI ini menjadi lambang dan penyemangat bagi pihak yang terlibat untuk terus membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat,” tutur Osmar.

Berbicara mengenai kadar kolesterol, kandungan Plant Stanol Ester (PSE) yang terdapat di produk Nutrive Benecol telah teruji klinis membantu menurunkan kolesterol hingga 10% jika dikonsumsi secara rutin 2x sehari langsung setelah makan. Strukturnya mirip kolesterol dan berfungsi untuk menghalau penyerapan kolesterol di sistem pencernaan.

Saat ini Nutrive Benecol telah hadir dalam bentuk Smoothies (susu dengan sari buah) dengan pilihan rasa buah seperti Blackcurrant, Strawberry, Lychee, dan Orange. Kini juga telah hadir Nutrive Benecol Yogurt #BukanYogurtBiasa, yogurt pertama di Indonesia yang tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga bisa membantu menurunkan kolesterol karena mengandung Plant Stanol Ester.

“Kolaborasi positif dengan berbagai pihak serta melanjutkan edukasi yang konsisten untuk masyarakat Indonesia untuk mendukung pentingnya menjaga kesehatan menjadi hal prioritas yang kami lakukan. Tentu dengan menjaga kadar kolesterol dalam darah dengan pola makan sehat dan aktif bergerak menjadi langkah positif dan berdampak besar bagi kita semua untuk terhindar dari penyakit jantung di kemudian hari,” tutup Robertus.